Seiring perkembangan teknologi informasi, literasi digital menjadi keterampilan yang sangat penting bagi siswa. UPT SMP Negeri 4 Tuban menyadari pentingnya membekali siswa dengan kemampuan literasi digital agar mereka tidak hanya mampu menggunakan teknologi, tetapi juga bijak dalam memanfaatkannya. Literasi digital di SMPN 4 Tuban dibangun di atas empat pilar utama: Digital Skills, Digital Safety, Digital Culture, dan Digital Ethics. Masing-masing pilar ini diimplementasikan melalui kegiatan-kegiatan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi saat ini.
1. Digital Skills (Keterampilan Digital)
Pilar keterampilan digital di UPT SMPN 4 Tuban diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan seperti pelatihan penggunaan perangkat lunak dan aplikasi yang mendukung pembelajaran, seperti Microsoft Office, Google Workspace, dan aplikasi presentasi. Selain itu, para siswa juga diajarkan cara mencari informasi yang akurat melalui internet, memahami teknik pencarian yang efektif, dan mengenali sumber informasi yang kredibel. Dalam pembelajaran, guru memanfaatkan platform e-learning, sehingga siswa terbiasa belajar dengan teknologi, baik di dalam kelas maupun secara daring.
2. Digital Safety (Keamanan Digital)
Keamanan digital diterapkan di UPT SMPN 4 Tuban dengan memberikan sosialisasi kepada siswa mengenai cara menjaga data pribadi dan menghindari bahaya dunia maya, seperti cyberbullying dan penipuan daring. Sekolah bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mengadakan seminar atau workshop yang membahas pentingnya menjaga privasi di internet. Selain itu, guru juga memberikan edukasi langsung tentang cara membuat password yang kuat, menghindari tautan mencurigakan, dan melaporkan jika ada ancaman digital. Penerapan ini membantu siswa merasa aman saat menggunakan teknologi dalam kegiatan sehari-hari.
3. Digital Culture (Budaya Digital)
Untuk membangun budaya digital yang positif, UPT SMPN 4 Tuban mengajarkan etika berkomunikasi dan bekerja sama secara daring. Siswa diajarkan untuk tetap menghormati sesama pengguna internet, baik dalam diskusi online di kelas maupun di media sosial. Program budaya digital ini juga mengajarkan pentingnya menghargai keberagaman dan berkomunikasi dengan sopan saat berinteraksi secara digital. Melalui pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler, siswa belajar untuk selalu menjaga perilaku yang positif dan mendukung di dunia maya, sehingga terbentuk komunitas digital yang saling mendukung.
4. Digital Ethics (Etika Digital)
Etika digital menjadi pilar penting dalam membangun sikap tanggung jawab siswa. Di UPT SMPN 4 Tuban, siswa diperkenalkan pada konsep etika dalam dunia digital, termasuk bahaya menyebarkan hoaks, menghormati hak cipta, dan dampak dari plagiarisme. Sekolah secara rutin mengingatkan siswa agar tidak menyebarkan informasi yang belum terbukti kebenarannya dan menghargai karya orang lain. Dalam tugas-tugas sekolah, siswa juga diwajibkan untuk menyertakan sumber jika mengambil referensi dari internet, sehingga mereka terbiasa bersikap jujur dan menghargai karya orang lain.
Penerapan empat pilar literasi digital di SMP Negeri 4 Tuban adalah upaya untuk membentuk siswa yang cerdas, kritis, dan bertanggung jawab di era digital. Dengan penguatan pada keterampilan, keamanan, budaya, dan etika digital, siswa diharapkan dapat memanfaatkan teknologi secara positif dan bijak. Program ini tidak hanya mendukung pembelajaran di sekolah tetapi juga membekali siswa dengan keterampilan yang sangat penting bagi kehidupan mereka di masa depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar